Rabu, 11 November 2009

TAHAJJUD DAN DOA AGAR BISA BANGUN MALAM

Sepertiga malam merupakan waktu yang istimewa, bagaimana tidak, Allah menanti hambanya yang berusaha bangun dengan cobaan kantuk yang kuat, melawan rasa
malas,melawan dinginnya malam, melawan rasa takut ke kamar mandi malam-malam, demi bermunajat kepada-Nya. Di sepertiga malam itu, hanya beberapa persen dari penduduk bumi yang memanfaatkan waktu istimewa tersebut, sedangkan yang lainnya tertidur lelap.
Mengapa banyak orang yang malas bertahajjud??
Mereka menjawab :
“malas, enakan tidur”
“ngantuk nih, lagian dingin banget”
“besok aku kuliah pagi,besok aku harus kerja pagi, jadi takut ngantuk kalo bangun malem2 gini”

Barangkali, kita semua yang masih malas bertahajjud disebabkan karena belum mengetahui faedah-faedah tahajjud. Dan berikut ini adalah sebagian dari beberapa faedah tahajjud :

1. Dipermudah dalam segala urusan. Ada sebuah kisah nyata tentang seorang bapak yang gemar bertahajjud. Beliau bekerja pas-pasan, gaji tak besar, memiliki anak dan istri, namun mereka tidak pernah merasa kakurangan dalam hal materi, hidup tentram penuh senyuman. Ketika bapak tersebut ditanya bagaimana dia dan keluarga bisa hidup damai seperti itu, dia menjawab “jangan tinggalkan sholat tahajjud”
2. Sebagai obat bagi badan, badan pun menjadi sehat. Untuk keterangannya, baca buku “Terapi Sholat Tahajjud” karangan Dr.Sholeh. Melalui penelitian berbulan-bulan tentang rahasia dibalik sholat tahajjud, ternyata tahajjud bisa membuat badan jadi sehat. Heningnya sepertiga malam, aliran udara yang tenang, berkolaborasi dengan gerakan sholat, dan menghasilkan beberapa manfaat besar. Begitulah kilasan gambarannya.
3. Menenangkan hati dan menjernihkan pikiran. Ketika seseorang tengah sibuk dengan dunia, pikiran suntuk, ruang terasa sempit meskipun luas, dan ia membutuhkan ketenangan hati dan pikiran, tahajjudlah salah satu solusinya. Ia membutuhkan waktu di mana kebisingan hilang, jaawbannya bangun malam dan tahajjud. Ia membutuhkan waktu di mana ia bisa merenung tanpa ada yang mengganggu, jawabannya bangun malam dan tahajjud.

Nah, berikut ini adalah beberapa doa/ cara agar bisa bangun malam :
1. Sebelum tidur bacalah surat al-Ikhlas 3x, setelah itu berdoalah kepada Allah minta dibangunkan jam berapa. (versi dari Kh. Maksum Jauhari, Kediri)
2. Sebelum tidur membaca 3 ayat terakhir surat al-Baqoroh, setelah itu berdoa kepada Allah minta bangun malam
3. Sebelum tidur membaca surat al_kautsar 1x, kemudian diteruskan membaca sholawat (shollAllah ‘ala Muhammad) 10x,..setelah itu berdoa

Kalau ingin cara manual, sebelum tidur minum air putih beberapa gelas, sehingga mungkin pertengahan malam akan kebelet buang air dan memaksa kita untuk bangun.

shirotsu

5 komentar: